Home REVIEW MOTOR Yamaha VMAX, Moge Ghost Rider II

Yamaha VMAX, Moge Ghost Rider II

209
0
Mandatory Credit: Photo by c.Columbia/Everett / Rex Features (628435ae) 'Ghost Rider', Nicolas Cage Real-Life Ghost Rider: Shock As Nitro Bike Explodes Meet the real-life Ghost Rider - a biker was engulfed in a ball of fire when his 1950cc twin-cylinder machine exploded. Swedish Greger Johansson was performing a 'burnout' to heat his tyre when the 190mph nitro superbike malfunctioned. Amazingly, photographer Andy Willsheer managed to capture the split second moment the fireball erupted - and a piece of the engine came hurtling at him. The incident happened at Tierp Arena, 120kms north of Stockholm, during a qualifying heat for the FIA/UEM Sweden Internationals. Andy explains: "Greger was warming his rear tyre for a qualifying race with another rider. "There was a bang then he was engulfed in flames. The intake manifold came flying towards me spewing flames, but luckily it didn't go off with the force of a bullet, it just clattered to the ground. "The first thing I did was look at my camera screen. I couldn't believe I had caught the moment. It was ethereal. Thankfully the rider walked away unharmed. "Later, Greger looked at my picture. He thought it was a great shot and was pleased there was someone to record the moment. "In real time, no sooner had the flames appeared the bike cut out and they disappeared. It was literally no more than a couple of seconds." The motorcycle, dubbed 'Blower Cat' by Greger, is raced in drag racing's Super Twin class. The 1950cc twin-cylinder machine uses a combination of methanol and nitromethane to power it to 6-second quarter-mile elapsed times, with top speeds in the region of 190mph. Greger was performing a burnout - a standard procedure in all drag racing classes that heats vehicles' drive wheels in order to obtain maximum adhesion. Andy Willsheer ifs no stranger to trackside danger, he once had a dragster somersault... For more information visit http://www.rexfeatures.com/stacklink/INPVIWPBF

AGG– Ghost Rider mungkin adalah pahlawan yang disukai oleh beberapa orang, disamping seram ternyata dia juga baik hati. Tidak lengkap rasanya jika ingin membahas Ghost Rider tapi tidak membahas tentang motor yang dipakainya.

Motor yang dipakai untuk film Ghost Rider II ini adalah moge produksi Yamaha yaitu Yamaha VMAX yang kemudian di rombak untuk menyesuaikan dengan karakter motor Ghost Rider yaitu Hell Cycle yang datang dari neraka.

Yamaha VMAX ini sebenarnya sudah resmi diluncurkan pada 22 November 2013 yang lalu, namun AGG tertarik untuk membahasnya karena moge yang satu ini ternyata sangat gahar dan keren.

Generasi pertama dari Yamaha VMAX diluncurkan pada tahun 1985 dengan nama Yamaha V-Max, yang kemudian pada tahun 2009 sampai sekarang berganti menjadi VMAX.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman apalagi saat ini sudah dijaman teknologi, Yamaha pun tidak ketinggalan dalam mempermak kembali Yamaha VMAX sehingga kemudian versi terbaru muncul pada tahun 2016.

Moge ini memiliki desain yang sangat gagah dan kesan kekar sangat kuat ketika melihat desain pada moge yang satu ini. Moge ini juga memiliki tampilan ala moge dari Amerika latin yang terkenal kalsik dan tentu saja keren.

Setelah mengalami beberapa perubahan, tentu saja versi terbaru dari Yamaha VMAX ini juga membawa teknologi yang tidak kalah gagah juga. Teknologi ini tentu saja akan mendongkrak performa dari moge ini juga sehingga menjadi lebih optimal.

Berikut adalah spesifikasi dari Yamaha VMAX :

SPESIFIKASI YAMAHA VMAX

MESIN

  • Tipe Mesin : 4 Silinder, 4 tak, DOHC, 4 katup, Liquid Cooled
  • Kapasitas : 1.679cc
  • Diameter x Langkah : 90,0mm x 66,0mm
  • Perbandingan Kompresi : 11,3 : 1
  • Daya Maksimum : 147,2 kW / 9.000rpm
  • Torsi Maksimum : 166,8 Nm / 6.500rpm
  • Sistem Starter : Electric Starter
  • Sistem Pelumasan : Basah
  • Sistem Pembakaran : Electronic Fuel Injection
  • Sistem Transmisi : Constant Mesh, 5-Speed

DIMENSI

  • Panjang : 2.395mm
  • Lebar : 820mm
  • Tinggi : 1.190mm
  • Berat Basah : 310 kg
  • Jarak Sumbu Roda : 1.700mm
  • Jarak Terendah ke Tanah : 140mm
  • Tinggi Tempat Duduk : 775mm
  • Kapasitas Tangki BBM : 15 Liter

RANGKA & KAKI-KAKI

  • Tipe Rangka : Aluminium, Diamond Shaped
  • Suspensi Depan : Telescopic Fork, berukuran 52mm
  • Suspensi Belakang : Monoshock with Link Suspension
  • Ban Depan : 120/70 R18 M/C 59V
  • Ban Belakang : 200/50 R18 M/C 76V
  • Rem Depan : Hydraulic dual DISC, 320mm
  • Rem Belakang : Hydraulic single DISC, 298mm
  • Front Travel : 120mm

KELISTRIKAN

  • Sistem Pengapian : Transistor Control Ignition (TCI)

Versi terbaru dari Yamaha VMAX resmi meluncur pada tahun 2016 dan hadir dengan warna baru yang semakin sportif sekaligus gagah. Tampilan futuristik sudah dapat dilihat dengan jelas pada tampilan depan moge ini yang juga mengusung headlamp yang sudah menggunakan teknologi LED.

Jika dilihat dari samping moge ini akan terlihat sangat keren sekali, mustahil rasanya bagi pecinta otomotif untuk tidak mengagumi moge ini. Tangki yang dibuat besar dan mampu menampung kapasitas bahan bakar hingga 15 liter. Dengan desain yang lebih tinggi dari joknya dan stang yang dibuat sedikit lebih tinggi mencerminkan motor ini mempunyai elemen layaknya Harley Davidson yang terkenal.

Dibawah tangki juga terlihat tersusun blok mesin yang rapi dan membuat kesan kekar yang sangat kuat. Pada bagian jok moge ini terlihat menurun untuk pengendara yang dimana terlihat sekali bagaimana pihak Yamaha ingin agar pengendara moge ini merasa nyaman ketika mengendarai moge ini.

Dibagian belakang moge ini juga terdapat stoplamp unik yang tentunya juga sudah dilengkapi dengan teknologi LED. 

Moge ini memiliki panjang 2.395mm dengan lebar 820mm serta tinggi 1.190mm yang dimana merupakan dimensi yang ideal untuk motor cruiser. Berat moge ini sekitar 310kg dan memiliki jarak sumbu roda sebesar 1.700mm. Tinggi daripada jok motor ini sekitar 775mm serta mempunyai jarak terendah ketanah sebesar 140mm yang praktis akan membuat motor ini nyaman dikendarai dijalanan tidak rata. 

Speedometer pada moge yang satu ini menggunakan panel digital dan tachometer analog yang mampu menampilkan informasi seperti pengukur bahan bakar, odo meter, jam, dual trip meter, suhu, peralatan indikator, stopwatch.

Mesin yang dipakai motor ini mengusung mesin 4 Silinder, 4 tak, DOHC, 4 katup yang membuatnya mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 147,2 kW pada putaran mesin 9.000rpm dengan tosi yang mencapai 166,8 Nm pada putaran mesin 6.500rpm. 

Selain itu juga moge yang satu ini dibekali dengan teknologi terbaru dari Yamaha yakni teknologi WBSK yang dilengkapi juga dengan teknologi khas MotoGP yaitu Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I) dan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T).

Kedua teknologi itu mampu mengatur penggunaan bahan bakar secara real-time dan otomatis membuat moge ini mendapatkan kekuatan maksimal dengan sebuah sistem katup “Fly-Be-Wire” yang membuatnya dapat berakselerasi lebih presisi. 

Ditambah lagi dengan adanya Electronic Fuel Injection yang juga membuat moge ini sangat ramah lingkungan dan pastinya irit bahan bakar. Moge ini juga mampu melaju dengan kecepatan tertingginya sekitar 270 km/jam.

Pada bagian rangka, moge ini menggunakan rangka jenis Diamond Shaped yang berbahan dasar aluminium ringan sehingga motor ini akan terasa sangat ringan juga ketika dikendarai. Rangka jenis ini termasuk rangka yang sangat kokoh dan kuat sehingga mampu menahan berat dari moge ini yang tergolong cukup berat.

Suspensi yang digunakan juga merupakan suspensi dengan daya tahan yang tinggi dan terkenal dengan kemampuan untuk meredam getaran yang terjadi ketika moge dibawa ke jalanan tidak rata.

Pada bagian depan moge ini menggunakan suspensi Telescopic Fork berdiameter 52mm yang berlapiskan oksida titanium dan dibagian belakang menggunakan suspensi tipe Monoshock dengan Link Suspension. 

Di bagian ban dari moge ini menggunakan ban tubeless berukuran 120/70 R18 untuk bagian depan dan untuk bagian belakang menggunakan ban tubeless berukuran 200/50 R18. Dengan ukuran ban yang dibawanya, speke yang dihasilkan moge ini menjadi lebih mantap. 

Disektor keselamatan, moge ini menggunakan rem depan berjenis Hydraulic dual DISC dan Hydraulic single DISC pada bagian belakang. Kedua rem ini tentu saja sudah dilengkapi dengan teknologi rem ABS (Anti-Lock Brake System) untuk mencegah ban terkunci. 

Melihat komponen serta fitur yang dibawanya ini wajar saja jika harga daripada moge ini sangatlah mahal, apalagi untuk ukuran moge yang sudah masuk ke film Box Office. Kepamoran moge ini di film Ghost Rider II juga pastinya akan mempengaruhi harganya.

Moge ini dibanderol dengan harga yang sangat fantastis yakni sekitar Rp. 500 juta. Harga yang sangat jauh dari kantong pecinta otomotif di Indonesia. Namun jangan lupa dengan fitur yang dibawanya juga moge ini sangatlah keren dan gagah.

Apakah anda tertarik untuk mencoba moge ini? Jangan ragu untuk memberikan tanggapan Anda dikolom COMMENT dan jangan lupa di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here