Home ARTIKEL Toro Rosso, Mobil F1 Honda Yang Mejeng di GIIAS 2019

Toro Rosso, Mobil F1 Honda Yang Mejeng di GIIAS 2019

395
0
Toro Rosso

Gelaran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2019 masih berlangsung dan banyak produsen otomotif berlomba-lomba memamerkan kelebihan dari produk mereka, salah satunya Honda dengan Toro Rosso.

Dibawa oleh PT HPM (Honda Prospect Motor), Toro Rosso merupakan salah satu mobil balap F1 yang saat ini diperkuat oleh duet pembalap Daniil Kvyat asal Rusia dan pendatang baru yaitu Alexander Albon yang berasal dari Thailand.

Toro Rosso

Mobil balap F1 ini juga dikenal dengan nama Toro Rosso Honda STR14 yang mana merupakan penerus dari STR13 yang pertama kali diluncurkan pada tanggal 11 Februari 2019 lalu.

Mobil balap F1 ini hadir sebagai salah satu special display di booth Honda GIIAS 2019 dimana posisinya terletak pas di samping mobil sport Honda NSX.

Tampilannya sangat keren sekali dengan warna biru yang dominan, serta dengan garis merah disisi kendaraan dan panel sisi merah di sayap depan dan belakang.

Toro Rosso

STR14 dimodifikasi pada bagian sayap depan dan belakang agar terlihat lebih sederhana, lebih luas dan lebih tinggi, ditambah lagi ada juga sistem Halo yang memberikan perlindungan tambahan untuk kepala pengemudi.

BACA JUGA : Penampakan Wajah Baru Honda CRF250 Rally

STR14 juga menggunakan sasis Scuderia Toro Rosso Composite Monocoque dengan total lebar 2.000 mm, lebar antara gandar depan dan belakang 1.600 mm dan tinggi 950 mm.

Untuk sektor dapur pacu, mobil balap yang satu ini menggunakan mesin berkapasitas 1.6 L berkonfigurasi enam silinder (V6) dengan maksimum putaran mesin 15.000 rpm.

Formula 1
MONTMELO, SPAIN – FEBRUARY 26: Scuderia Toro Rosso Team Principal Franz Tost, Pierre Gasly of France and Scuderia Toro Rosso, Brendon Hartley of New Zealand and Scuderia Toro Rosso, James Key, Technical Director of Scuderia Toro Rosso and Toyoharu Tanabe of Honda pose for a photo at the launch of the Scuderia Toro Rosso STR13 Honda during day one of F1 Winter Testing at Circuit de Catalunya on February 26, 2018 in Montmelo, Spain. (Photo by Peter Fox/Getty Images) // Getty Images / Red Bull Content Pool // AP-1UVT5TXDS1W11 // Usage for editorial use only // Please go to www.redbullcontentpool.com for further information. //

Gearbox dari mobil balap ini terpasang secara longitudinal didalam sebuah wadah karbon. STR14 memiliki transmisi 8 speed yang dioperasikan secara hidrolik.

Dibagian ban, mobil balap ini dilengkapi dengan ban depan selebar 305mm dan ban belakang selebar 405mm yang pasang pada velg roda 13 inci.

Menariknya komponen-komponen pada STR14 dimulai dari sasis hingga komponen aerodinamis yang lain seluruhnya dirancang dan diproduksi di Bicester, Inggris.

Toro Rosso Honda STR14 memiliki bobot sebesar 743 kg dan mempunyai kursi yang dibentuk sesuai dengan bentuk tubuh dari masing-masing pembalapnya.

Honda GIIAS 2019

Kursi ini terbuat dari bahan karbon secara in-house, sementara untuk knalpot dan power unitnya dipasok langsung dari Honda.

Bagaimana tanggapan dari sahabat Otozola mengenai mobil balap F1 ini ? Apakah sahabat sudah melihatnya di GIIAS 2019? Yuk berikan tanggapannya dikolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here