Home TIPS N TRIK Tips Untuk Merawat Mobil Setelah di Coating

Tips Untuk Merawat Mobil Setelah di Coating

162
0

 AGG– Penggunaan Coating saat ini sudah menjadi tren dikalangan pecinta otomotif di Indonesia khususnya pengendara mobil. Hal tersebut dilakukan karena pengendara mobil ingin memaksimalkan penampilan mobilnya agar tetap kinclong dalam kondisi apapun.

Penggunaan Coating ini biasanya digunakan pada bodi dan mesin mobil, dengan melakukan Coating dikatakan bahwa pemilik kendaraan roda empat ini tidak perlu lagi repot untuk melakukan perawatan berkala.

Namun perlu digaris bawahi meskipun minim perawatan bukan berarti tidak melakukan perawatan sama sekali, apalagi jika terkena air hujan yang mengandung zat asam, dan kotoran burung yang merusak.

Banyak sekali pecinta otomotif di Indonesia yang tidak tahu akan hal itu, sehingga setelah melakukan Coating mereka akan membiarkan mobilnya saja tanpa melakukan perawatan setelahnya.

Padahal bodi mobil sangat rentan terhadap berbagai jenis korosi, baik akibat garam, pasir, asap, polutan, serangga, kelembaban hingga sinar UV. Bahkan jika mobil di parkirkan di sembarang tempat seperti dibawah pohon contohnya.

Alasannya dikhawatirkan bahwa biasanya jika parkir dibawah pohon akan terkena getah atau kotoran burung yang dapat mengikis lapisan coating.

Berikut AGG memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat mobil yang sudah di Coating :

1. LAKUKAN PERAWATAN

Perawatan yang dilakukan setelah mobil di Coating sangat dianjurkan guna untuk menjaga warna kilap dari mobil tetap terjaga, perawatan tersebut juga dilakukan dengan tujuan mengangkut sisa bintik air, sisa jamur mupun polusi.

2. PENCUCIAN BERKALA

Bagi pengendara mobil yang menggunakan mobilnya setiap hari dianjurkan untuk melakukan pencucian mobil minimal 2 hari sekali tanpa menggunakan shampo atau bisa dilakukan pencucian cepat saja, karena penggunaan mobil setiap hari cepat membuat mobil terlihat kusam.

3. PENGGUNAAN SHAMPO

Mobil yang sudah di Coating memang tidak selalu dianjurkan untuk dicuci menggunakan shampo, alasannya karena pada dasar mobil tersebut tertempel minyak, nah untuk mencucinya tidak boleh menggunakan sembarang shampo, ada baiknya di cek terlebih dahulu PH shampo yang digunakan. Karena jika PH yang digunakan terlalu tinggi makan kualitas cat mobil akan cepat pudar, shampo yang baik digunakan untuk mencuci mobil adalah yang PH-nya 12.

4. MENGGUNAKAN AIR BERSIH DARI PDAM

Kenapa harus menggunakan air dari PDAM ? Kenapa tidak menggunakan air keran saja, kan sama-sama air ? nah mungkin itulah pertanyaan yang muncul ketika membaca tips nomor 4 ini. Perlu diketahui bahwa kualitas air dari PDAM merupakan kualitas air yang paling bersih sedangkan air keran itu mengandung kadar besi yang terlalu banyak sehingga berbahaya sekali untuk cat mobil baik yang sudah di Coating maupun yang tidak.

5. PEMAKAIAN LAP

Tidak hanya shampo dan air saja yang perlu diperhatikan, pemakaian lap juga harus diperhatikan, disarankan untuk menggunakan lap yang berbeda pada panel atas dan bawah kaca serta body guna menghindari efek baret. Jika terjadi baret pada bodi mobil mungkin masih bisa diakali, namun tidak jika terjadi baret pada kaca mobil, akan sangat menganggu sekali ketika berkendara.

6. MESIN

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa penggunaan Coating tidak hanya dibodi mobil saja namun juga pada mesin mobil, untuk membersihkan mesin tidak dianjurkan untuk menyemprot mesin dengan air berkekuatan penuh begitu juga dengan langsung menyiram air ke mesin. Dianjurkan untuk menggunakan cairan pembersih yang kuat lalu kemudian disikat tipis-tipis dan bisa juga menggunakan vitamin engine.

Nah itulah beberapa tips yang bisa sahabat otomotif lakukan untuk merawat mobil yang sudah di Coating, apakah anda tertarik untuk mencobanya? Berikan tanggapan anda di kolom COMMENT dan jangan lupa di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here