Home ARTIKEL Tips Jitu Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar

Tips Jitu Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar

43
0
Tips Jitu Motor Matic Irit Bahan Bakar

Harga bahan bakar dunia semakin hari semakin mengalami kenaikan, yang otomatis membuat pemerintah menyesuaikan keadaan dengan menaikkan harga bahan bakar. Sehingga efiseinsi penggunaan bahan bakar memang sangat penting agar menghemat biaya pengeluaran.

Memiliki sepeda motor yang irit bahan bakar, pastinya menjadi impian setiap pengendara. Di pasaran, banyak tersedia pilihan sepeda motor yang menawarkan efisiensi bahan bakar yang baik dengan disematkan teknologi Eco Indicator dan PGM FI. Salah satunya sepeda motor matik alias skutik (skuter matik).

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya khususnya para pengguna motor matic, bagaimana cara menghemat bahan bakar motor matic khususnya untuk motor merek Yamaha. Karena seperti yang kita ketahui bahwa motor matic Yamaha dalam penggunaan bahan bakar lebih boros daripada motor matic merek lainnya.

Tips Jitu Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar

Walaupun terkenal boros nyatanya motor matic masih menjadi idola banyak orang. tak hanya kaum hawa saja, banyak juga kaum adam yang menggunakan motor matic. Alasannya adalah motor matic lebih mudah dikendarai daripada motor manual.

Alasan dari borosnya motor matic ini disebabkan dengan banyaknya penggunaan gear pada motor matic itu sendiri, jumlahnya lebih banyak dari gear motor tidak otomatis (manual). Gear pada motor dapat diatur dengan perseneling dan digunakan untuk mengatur laju RPM (Rotasi Per Menit) dan memastikannya mampu menghemat bahan bakar, sedangkan pada motor matic tidak adanya perseneling membuatnya sulit mengatur RPM.

Biasanya untuk menjaga keiritan bensinnya, perlu ada perlakuan khusus dari pemiliknya. Mulai dari menjaga motor dalam kondisi optimal, perawatan berkala, hingga perilaku saat berkendara.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa motor matic Anda boros bahan bakar :

1. Ada Masalah Saringan Udara

Kemungkinan besar ada masalah dengan saringan udara motor matic Anda. Apabila bagian yang satu ini kotor maka distribusi udara ke ruang bakar akan berkurang dan memicu konsumsi Bahan Bakar yang lebih banyak.

2. Busi Aus

Busi yang sudah Aus bisa menjadi pemicu borosnya bensin. Mengganti busi dengan baru bisa menjadi solusi paling tepat mengatasi masalah ini.

3. Pembakaran Tidak Sempurna

Kemungkinan lainnya adalah proses pembakaran yang tak sempurna karena jarak renggang pada valve atau klep tidak sesuai dengan standar pabrikan. Selalu gunakan bahan bakar oktan tinggi karena meskipun harganya lebih mahal dari pada premium namun pernakaran yang dihasilkan akan lebih sempurna.

4. Lewat Masa Servis

Sudahkah Anda memeriksakan kesehatan motor matic Anda pada bengkel resmi? Ada kemungkinan motor kamu boros bensin karena sudah melewati batas servis. Hal ini menjadikan sejumlah komponen pada sepeda motor perlu mendapatkan perawatan yang signifikan.

5. Terlalu Lama Memanaskan Motor

Bagi Anda pemilik motor matic, sebaiknya tidak perlu memanaskan mesin motor terlalu lama. Sebab, hal ini akan membuang bahan bakar motor secara sia-sia. Apabila memanaskan motor, lakukan saja dalam waktu 3-5 menit.

6. Oli Habis

Tarikan mesin yang kurang maksimal akibat kehabisan oli bisa menjadi pemicu utama problem ini. Jangan lupa untuk melakukan penggantian oli motor berkala agar performa motor matic kamu tetap prima.

Tips Jitu Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar

BACA JUGA : Bahaya Penggunaan Oli Bekas Pada Rantai Motor, Lalu Bagaimana dengan Minyak Goreng?

Perlu diketahui bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya bukan? Nah jika tadi adalah alasan Motor Matic Anda boros bahan bakar maka yang berikut ini adalah cara untuk membuat motor matic Anda menjadi lebih irit bahan bakar :

1. Jangan Terlalu Lama Dalam Pemanasan Mesin

Untuk Anda pengguna motor matic tidak perlu memanaskan mesin motor terlalu lama karena pada intinya sama saja dengan membuang bahan bakar. Kebiasaan dalam memanaskan mesin motor mungkin sudah tradisi dan menjaga agar motor tetap awet tahan lama dan selalu dalam kondisi prima.

Tujuan dari pemanasan mesin motor yaitu untuk memanaskan mesin sekaligus agar oli yang ada dalam mesin melumasi komponen-komponen yang ada dalam mesin tersebut. Sehingga saat dijalankan motor menjadi lebih siap untuk dibawa beraktifitas. Untuk pemanasan sendiri anda cukup memanaskan sekitar 3-5 menit, Anjuran daripada ahli adalah jika memanaskan motor maksimal hanya 10 menit saja.

2. Putaran Gas Motor

Setiap pengendara motor biasanya memiliki gaya tersendiri, contohnya ada yang terlalu sering menggeber gas motor dengan tiba-tiba misalnya atau dalam irama gas yang tidak teratur sehingga otomatis akan membuat aliran bahan bakar semakin besar.

Kebiasaan yang harus Anda lakukan adalah mengendarai motor hanya pada kecepatan stabil dan tidak kebut-kebutan dan menggeber. Karena jika Anda sering melakukan ‘stop and go’ maka bisa dipastikan motor matic anda pasti akan sangat boros bahan bakar dan membuat kampas kopling cepat aus juga.

Usahakan mainkan putaran gas di rpm sekitar 3.000rpm sampai 5.000rpm atau batasi kecepatan maksimal hingga 60 km/jam.

3. Penggantian Oli Motor yang Sesuai

Tarikan mesin biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah kinerja dari karburator sendiri mungkin setelannya tidak pass. Sumbatan yang terjadi pada karburator atau gangguan lain terhadap komponen lainnya juga bisa menyebabkan bahan bakar terbuang sia-sia dan tenaga mesin menjadi drop.

Penggantian oli secara berkala bertujuan untuk menjaga performa dari motor matic itu sendiri. Hal ini dikarenakan performa motor akan terus mengalami penurunan jika selalu digunakan. Sudah pasti jika performa motor menurun maka akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar motor kita.

Tips Jitu Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar

Dengan mengganti oli yang sesuai,maka gesekan antara komponen mesin bisa diminimalisir. Jika gesekan mesinn minim, maka hal tersebut juga akan berpengaruh pada kinerja pembakaran yang otomatis akan membuat motor matic tidak akan meminum bensin di luar kewajaran.

4. Cek Berkala Bagian Sistem Pengapian

Mengecek komponen pengapian, hal ini berlaku untuk motor matic yang masih menggunakan karburator, Anda bisa melakukan pengecekan pada komponen tersebut, bagaimana kondisinya secara berkala. Dengan melakukan pengecekan dan perawatan tentunya agar kondisi pengapian tetap seperti pada pabrikan dengan harapan penggunaan bahan bakar lebih efisien dan normal.

5. Cek Bagian Filter Angin Secara Berkala

Dengan filter udara yang kotor maka akan mengakibatkan udara yang masuk ke sistem pembakarannya melalui saluran intake menjadi tersumbat. Biasanya kotornya filter tersebut sering diabaikan oleh kebanyakan pengguna sepeda motor matic. Hal inilah yang membuat bahan bakar akan terbuang secara percuma. Pastikan selalu membersihkannya secara teratur untuk menghindari penyumbatan udara dan disarankan melakukan pergantian filter udara jika sudah mencapai 15.000 km.

6. Gunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Dengan menggunakan bahan bakar oktan tinggi, pembakaran yang dihasilkan akan lebih sempurna. Biasanya kerika menggunakan bahan bakar beroktan tinggi seperti pertamax meningkatkan performace motor dan lebih irit. Sedangkan menggunakan bahan bakar beroktan rendah akan membuat performace dan tenaga yang dihasilkan biasa saja.

Dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi juga mendapatkan keuntungan plus yaitu mampu membersihkan karbon sisa pembakaran dan memang bahan bakar pertamax sendiri memiliki sisa karbon yang paling sedikit.

Tips Jitu Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar

Artikel ini diambil dari : autogeniusgen.blogspot.com

Bagaimana tanggapan dari sahabat Otozola mengenai tips ini ? Apakah sahabat Otozola tertarik untuk mencobanya ? Yuk berikan tanggapannya dikolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here