Home ARTIKEL Smart SIM, Unik dan Praktis Untuk Masyarakat Indonesia

Smart SIM, Unik dan Praktis Untuk Masyarakat Indonesia

76
0
Smart SIM

Saat ini tim Korlantas Polri sedang menyiapkan salah satu inovasi terbesar untuk masyarakat Indonesia khususnya pengguna jalan raya baik itu pengendara roda dua hingga roda 4 dengan meluncurkan Smart SIM.

Smart SIM yang akan diluncurkan ini cukup unik dikarenakan bisa juga digunakan sebagai uang elektronik dengan maksimal saldo sebesar Rp. 2 juta.

Smart SIM

Pada sim baru ini nantinya akan ditanamkan chip yang digunakan untuk keperluan data yang berisikan nomor telepon orang terdekat dan juga data forensik.

Perlu diketahui bahwa untuk mengganti sim lama ke sim yang baru ini tidak bisa dilakukan lewat layanan SIM keliling karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti tes kesehatan dan ujian teori praktik.

Untuk perpanjangannya nanti barulah bisa dilakukan melalui layanan SIM keliling.

SMART SIM

Smart SIM ini diatur dalam Peraturan Pemerintah No 50 Tahun 2010 tentang PNBP pada Polri, dimana biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik kendaraan untuk membuat SIM baru adalah sebagai berikut :

– SIM A : Rp. 120.000
– SIM B1 : Rp.120.000
– SIM B2 : Rp. 120.000
– SIM C : Rp. 100.000
– SIM D : Rp. 50.000

BACA JUGA : Taksi Listrik Pertama Di Indonesia, Milik Blue Bird

SIM terbaru ini rencananya akan dirilis pada tanggal 22 September mendatang namun untuk para pengemudi yang SIM-nya masih berlaku tidak perlu buru-buru untuk menggantinya.

“Pemilik SIM lama dapat mengganti SIM baru ketika SIM lamanya sudah habis masa berlakunya, jadi masyarakat juga tidak perlu buru-buru untuk menggantikannya karena SIM lama yang belum habis masa berlakunya masih bisa digunakan” ujar Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri.

Surat Izin Mengemudi Baru

Jika dilihat sekilas tidak ada perubahan yang signifikan dari SIM lama dengan SIM baru hanya saja SIM baru didominasi dengan warna putih merah.

Pada bagian atas kartu terdapat tulisan ‘Indonesia’ dan dibawahnya terdapat tulisan ‘Surat Izin Mengemudi’ dan tak lupa logo dari Kepolisian Republik Indonesia terletak di pojok kiri atas.

Foto pemilik SIM nantinya akan berada disebelah kiri dan dibagian tengah akan ditampilkan data pribadi pemilik seperti nama, tempat tanggal lahir, golongan darah, jenis kelamin, tempat tinggal dan pekerjaan.

Surat Izin mengemudi terbaru

Untuk masa berlakunya dapat dilihat disebelah pojok kanan bawah, dan untuk bagian belakang kartu akan berwarna putih .

Smart SIM ini memiliki ukuran dengan panjang sekitar 86mm dan lebar sekitar 53,96mm.

Bagaimana tanggapan dari sahabat Otozola mengenai berita yang satu ini ? Apakah sahabat sudah siap untuk mengganti sim lama dengan sim baru ? Yuk berikan tanggapannya dikolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here