Home TIPS N TRIK Smart Key Mobil Anda Tidak Berfungsi? Jangan Panik dan Lakukan Hal Ini

Smart Key Mobil Anda Tidak Berfungsi? Jangan Panik dan Lakukan Hal Ini

45
0

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan cepat sekali sampai-sampai merambah ke berbagai bidang terutama pada bidang otomotif. Pekembangan teknologi pada industri otomotif saat ini membuat para pengguna atau user semakin ingin bereksperimen kembali dengan teknologi yang bisa dipakai pada industri otomotif.

Industri otomotif yang paling banyak mendapatkan asupan teknologi-teknologi yang canggih adalah pada mobil. Seperti yang kita ketahui bahwa dari tahun ke tahun kemajuan teknologi yang tersematkan pada mobil-mobil baru tidak terhitung jumlahnya terlebih saat ini sudah banyak sekali mobil-mobil lama yang diremake kembali.

Salah teknologi menarik yang disematkan pada mobil-mobil baru adalah teknologi Smart Key atau Keyless Entry yang merupakan teknologi yang memungkinkan pengendara untuk membuka serta menyalakan mesin mobil tanpa harus menggunakan anak kunci.

Tidak usah repot mencolokkan anak kunci ke dalam rumah kunci, cukup Anda taruh didalam mobil dan hanya dengan sekali sentuh tombol start maka mesin mobil akan secara otomatis menyala. Begitupun ketika anda hendak masuk kedalam mobil, cukup dengan memberikan sedikit sentuhan pada gagang pintu maka secara otomatis pintu akan terbuka.

Tetapi, jangan hanya menikmati kemudahan yang diberikan smart key tanpa melakukan pengecekan secara berkala, karena dapat menjadi bumerang sendiri bagi Anda. Secanggih apapun teknologi pasti suatu saat akan mengalami gangguan atau kerusakan dan tiba-tiba tidak berfungsi jika tidak dijaga dengan baik.

Di beberapa kasus, ada smart key yang tidak bisa bekerja karena mobil diparkirkan dekat dengan BTS (Base Transceiver Station) milik jaringan telepon. Jika hal ini terjadi maka tentunya akan sangat merepotkan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan Smart Key tidak berfungsi :

1. Gelombang Radio

Salah hal yang paling penting dalam menunjang kinerja Smart Key adalah Gelombang Radio. Biasanya gelombang tersebut akan terganggu karena beberapa hal, seperti ketika parkir dekat dengan pemancar radio, parkir di daerah yang terdapat BTS (Base Transceiver Station) provider telepon seluler, dan sebagainya.

Ketika mengalami gangguan gelombang, otomatis Smart Key pada mobil Anda seakan mati mendadak dan tidak berfungsi.

2. Baterai Lemah

Masalah ini adalah masalah yang paling sering ditemui terjadi pada sebagian pengendara. Kebanyakan dari mereka sama sekali tidak menyadari baterai Smart Key mobil mereka sudah lemah dan lama kelamaan habis. Tentu saja hal ini sangat menyulitkan pengendara ketika ingin membuka kunci dan menghidupkan mobil.

Biasanya, baterai Smart Key yang lemah akan ditandai dengan redupnya lampu indikator yang terdapat pada Smart Key. Respon yang dihasilkan tentu juga lebih lambat daripada biasanya.

3. Rolling Code

Rolling Code atau biasa disebut dengan Hopping Code merupakan bagian pada Smart Key yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio ke Tuner mobil. Rata-rata Rolling Code memiliki masa aktif sekitar 5 tahun. Apabila sudah melewati masa 5 tahun, maka biasanya Rolling Code dapat menjadi salah satu penyebab tidak berfungsinya Smart Key mobil Anda.

4. Terendam Air

Ini juga merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi. Dengan sistem Smart Key tentunya pengendara motor tidak perlu lagi mengeluarkan anak kunci untuk menghidupkan kendaraan. Biasanya banyak yang meletakkannya di saku celana. Masalah ini terjadi ketika si pengendara lupa mengeluarkan kunci dari saku celana ketika ingin menggantinya, sehingga Smart Key terbawa dan tercuci. Akibatnya Smart Key akan terendam air.

Berikut adalah cara mengatasi keempat hal diatas yang mampu menyebabkan Smart Key mobil Anda rusak :

1. Cara mengatasinya adalah Anda tidak perlu bingung karena pintu mobil tetap akan bisa terbuka dengan kunci secara manual. Dan untuk menghidupkan mesin Anda hanya perlu mendekatkan Smart Key Anda ke tombol Start/Stop Engine sambil menginjak pedal rem sampai lampu indikator berubah menjadi warna hijau. Tujuannya adalah agar receiver lebih dapat menerima gelombang radio yang dikirim oleh Smart Key tersebut.

2. Tidak berbeda dengan masalah nomor 1, walaupun baterai Smart Key lemah, tetapi rata-rata Smart Key masih menyimpan sinyal berfrekuensi rendah dan dapat digunakan untuk menyalakan mesin. Jadi, dekatkan saja Smart Key ke tombol Start/Stop Engine, sama seperti cara mengatasi masalah nomor 1

3. Masalah ketiga ini cara mengatasinya mau tidak mau Anda harus membawa dan melakukan pergantian Rolling Code di bengkel resmi

4. Jalan satu-satunya adalah ketika sudah terendam air maka sebaiknnya jangan ditekan tombol apapun terlebih dahulu, hal ini dibuat untuk mencegah korslet tetapi yang terbaik adalah memakai kunci darurat yang diberikan oleh dealer ketika membeli mobil. Tetapi sebelum menggunakan kunci darurat maka lepas kabel atau sekring klakson terlebih dahulu karena ketika kunci darurat dipakai untuk membuka mobil biasanya alarm akan berbunyi.

Hal tersebut tentunya akan membuat Smart Key Anda rusak, bahkan yang terburuknya Smart Key Anda mati total sehingga tidak lagi dapat digunakan untuk membuka serta menghidupkan mobil.

Bukan hanya keempat hal diatas yang harus Anda perhatikan, berikut dibawah ini juga merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan Smart Key mobil tidak berfungsi :

1. Jangan taruh remote control di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung seperti contohnya dashboard mobil.

2. Usahakan jangan sampai Smart Key jatuh atau terbentur dengan keras.

3. Hindari material yang memancarkan magnet kuat atau elektromagnet, karena gelombang ini bisa menpengaruhi komponen material remote kontrol.

Bagaimana tanggapan dari sahabat Otozola mengenai tips yang satu ini ? Apakah sahabat sudah mencobanya ? Yuk berikan tanggapannya dikolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here