Home TIPS N TRIK Persiapan Sebelum Mudik Jarak Jauh, Awas Mobil Mogok di Tengah Jalan

Persiapan Sebelum Mudik Jarak Jauh, Awas Mobil Mogok di Tengah Jalan

165
0
SH/Edy Wahyudi ANTREAN PANJANG-Antrean kendaraan yang panjang terjadi di pintu tol Taman Mini Indonesia Indah di ruas tol Jagorawi, Jakarta, Rabu (6/10).

Mudik Lebaran 2019 sebentar lagi akan tiba, mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi favorit dan pilihan utama bagi kebanyakan orang.

Dimulai dari fleksibilitas waktu, hingga biaya mudik yang dirasakan lebih hemat bila dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum.

Kendaraan pribadi yang banyak digunakan adalah mobil, sebelum melakukan mudik lebaran yang biasanya jauh, sebagai pemilik kendaraan tentu saja harus memastikan mobil berada dalam kondisi prima.

Dengan perjalanan yang lebih jauh dari hari-bari biasanya, belum lagi ditambah dengan kondisi jalanan yang sangat padat dan macet saat puncak arus mudik, beban yang ditanggung mobil bertambah dari biasanya hanya sekitar 8-10 jam sehari bisa menjadi 20-24 jam sehari.

Maka dari itu pemilik kendaraan harus memastikan bahwa perawatan dan persiapan mobil sebelum berangkat mudik adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips dan komponen mobil yang patut di cek terlebih dahulu sebelum melakukan mudik lebaran :

1. BAN

Salah satu komponen yang paling sering diremehkan, sebagai pemilik kendaraan cek kondisi ban adalah sebuah kewajiban ketika akan melakukan mudik atau liburan.

Karena secanggih apapun mobil sekarang ini, jika ban pecah di tengah jalan maka tetap saja mobil tersebut harus ganti ban.

Hal-hal yang dapat dilakukan ketika mengecek ban adalah mulai dari mengecek alur ban, kebocoran, dan memastikan tekanan angin sesuai. Bila perlu lakukan juga spooring dan balancing untuk memastikan ban bergerak sesuai porosnya dan bawalah juga ban cadangan sebagai antisipasi.

2. OLI MESIN, TRANSMISI DAN GARDEN

Mobil yang digunakan pada saat mudik harus selalu menggunakan oli dengan kondisi yang baik. Oli, Transmisi dan Garden tetap tidak boleh diabaikan dikarenakan fungsi dari ketiga komponen ini sangat krusial.

Mengecek hingga mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena dalam perjalanan segala hal bisa terjadi.

3. REM

Juga merupakan salah satu komponen krusial, karena hampir 30% kecelakaan lalu lintas terjadi karena rem blog. Untuk itu pemilik kendaraan harus memastikan oli rem masih cukup dan layak digunakan.

Selain itu cek juga kondisi kampas rem di bengkel resmi dan pastikan semuanya berkerja dengan baik.

4. KELISTRIKAN DAN AIR AKI

Sangat penting untuk melakukan pengecekan kelistrikan sebelum melakukan perjalanan mudik, karena dengan begitu pemilik kendaraan dapat mengetahui besarnya arus yang masuk, hingga ada atau tidaknya kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik untuk waktu yang lama.

Air Aki juga tidak boleh luput dalam pengecekan karena jika kering akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik.

5. FILTER UDARA DAN AIR RADIATOR

Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar dan mesin ngadat.

Peran Air Radiator sangat vital terhadap sistem pendinginan mesin untuk menjaga komponen radiator agar tidak kekurangan air, yang bertujuan untuk mencegah mesin panas atau overheat.

6. KONDISI WIPER BLADE DAN SHOCK ABSORBER

Wiper butuh pengecekan rutin karena fungsinya yang sebagai komponen untuk membersihkan kanca mobil dari segala kotoran debu hingga air hujan yang dapat mengganggu pandangan pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik.

Shock Absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang, terlebih lagi resiko perjalanan yang tidak dapat diduga.

7. SISTEM PENERANGAN

Pengecekan kondisi lampu menjadi salah hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan apalagi ketika memutuskan untuk melakukan mudik dimalam hari, Meski terlihat sepele nyatanya lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan.

8. LAKUKAN TUNE UP

Mungkin terdengar asing namun, dengan melakukan proses tune up dapat mengembalikan tenaga mesin yang hilang karena pembakaran yang tidak efisien, menghilangkan gangguan pada mesin bensin, dan mengurangi asap hitam pada mesin diesel, sehingga konsumsi BBM tidak berlebihan.

Itulah beberapa tips dan komponen mobil yang patut di cek sebelum melakukan mudik, agar terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana tanggapan Sahabat Otozola terhadap Tips ini ? Yuk berikan tanggapan pada kolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here