Home ARTIKEL Motor Listrik Beroda Empat Pertama Di Dunia

Motor Listrik Beroda Empat Pertama Di Dunia

114
0

Geneva Motor Show 2019 memang sudah selesai cukup lama, namun tentu saja masih banyak sekali kendaraan otomotif yang sangat layak dibahas, selain karena kecanggihannya tentu saja karena desain yang unik dan digadang-gadang menjadi kendaraan masa depan.

Kali ini salah satu perusahaan otomotif asal Swiss, Quadro Vehicle meluncurkan motor listrik beroda empat pertama yang ada didunia.

Motor tersebut diberi nama eQooder yang menawarkan kendali dan kenyamanan tinggi layaknya mobil.

Motor yang satu sangat unik dikarenakan tidak hanya membawa dua maupun tiga roda, melainkan empat roda layaknya seperti mobil dan bertenaga listrik.

eQooder merupakan motor hasil kerjasama antara Quadro Vehicle dengan Zero Motorcycles, karenanya tidak heran jika motor listrik yang satu ini menerima teknologi EV dari Zero Motorcycles.

Motor listirk yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dan mampu menyemburkan tenaga hingga 60hp dari motor penggerak Z-Force dan baterai lithium-ion-Z-Force. Motor ini juga dapat menghasilkan putaran torsi di 110Nm, dan menariknya motor ini dapat bergerak mundur karena juga dilengkapi dengan gigi mundur.

Baterai motor ini dapat terisi penuh dalam waktu 5,2 jam dan mencapai 80% dalam waktu 4 jam untuk pilihan baterai standar 7,2kWH.

Sedangkan untuk baterai maksimumnya yang berkapasitas 10,8 kWH dapat terisi hingga 80% dalam waktu 5,9 jam dan terisi penuh dalam waktu 7,5 jam.

Bila dibandingkan dengan mesin pembakaran, kinerja daripada motor listrik eQooder ini diklaim sama dengan motor dengan kapasitas kubikasi 650cc.

Mesin listrik dari motor ini dikawinkan dengan diferensial mekanis yang khusus dirancang untuk menangani penggerak roda belakang.

eQooder juga dilengkapi dengan sistem traksi belakang ganda yang menjamin cengkraman jalan dan tingkat keamanan pada semua jenis permukaan jalan.

Dengan tenaga besar yang dimilikinya, eQooder juga diklaim mampu diajak berkeliling dengan jarak yang lumayan jauh, hal ini dibuktikan dengan percobaan yang dilakukan dimana motor ini sanggup melintasi Paris Boulevard Périphérique sebanyak 5 kali dan melewati Avinguda Diagonal di Barcelona sebanyak 15 kali.

Lebih pastinya dalam sekali pengisian daya motor listrik yang satu ini mampu menempuh jarak 150km, paket baterai menggunakan sistem modular dan dapat menampung hingga dua baterai paralel.

Meskipun beroda 4, nyatanya motor listrik eQooder ini mampu dimiringkan hingga sudut 45 derajat tanpa salah satu roda miliknya terangkat dari tanah atau jalanan. Hal ini membuktikan bahwa motor listrik yang satu ini masih membawa DNA dari motor konvensional umumnya.

Pihak Quadro Vehicle juga menyematkan dua mode berkendara pada eQooder yaitu mode Eco dan mode Sport, uniknya lagi pihak Quadro Vehicle memberikan kebebasan kepada para pemilik kendaraan ini yakni dapat melakukan kustomisasi via aplikasi di smartphone masing-masing jika ingin performa yang lebih ganas.

Menurut kabar yang beredar, rencananya pihak Quadro Vehicle akan menjual motor listrik yang satu ini pada bulan Desember 2019 di pasar Eropa.

Akan tetapi motor ini ternyata sudah bisa dipesan secara online melalui Q-Store Online yakni situs website resmi Quadro Vehicle dan di outlet resmi Quadro Vehicle di Eropa, pembeli hanya cukup mengeluarkan uang muka sebesar USD $5.605 atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp. 81 juta.

Bagaimana tanggapan sahabat Otozola terhadap motor listrik yang satu ini ? apakah diantara para sahabat ada yang tertarik untuk mencobanya? Yuk berikan tanggapan sahabat di kolom COMMENT dan jangan lupa pula untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here