Home ARTIKEL Mercedes Benz S600 Guard, Mobil Dinas Baru Presiden

Mercedes Benz S600 Guard, Mobil Dinas Baru Presiden

123
0
Mercedes Benz S600 Guard

Sebelumnya sempat muncul kabar bahwa mobil dinas milik Presiden RI akan diganti dengan yang baru, usut punya usut ternyata mobil canggih Mercedes Benz S600 Guard lah yang terpilih menjadi mobil dinas terbaru Presiden RI.

Mobil yang satu ini akan menggantikan Mercedez Benz S600 Pullman Guard yang sebelumnya sudah digunakan sejak jaman pemerintahan Presiden SBY.

Lalu apa yang menjadi perbedaan antara mobil dinas yang lama dengan mobil dinas yang baru?

Jika dilihat dari sisi keamanan, mobil dinas yang baru sudah mendapatkan sertifikat VR10 yang menjadi standar kendaraan dengan tingkat keamanan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok adalah kaca mobil pada Mercedes Benz S600 Guard lebih tebal beberapa kali dibandingkan dengan kaca standar.

Mercedes Benz S600 Guard

Kaca yang disematkan ini cukup berat sehingga membutuhkan perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca, sehingga otomatis penumpang bisa terbebas dari serangan senjata mesin M60.

Fitur keamanan lainnya, mobil ini memiliki sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat disekililing mobil ada gas berbahaya.

Guna mencegah ledakan, pada bagian bawah mobil diberi tambahan pelat khusus serta pada bagian tangki bahan bakarnya dibuat anti-peluru dan memiliki sistem pemadaman api otomatis.

BACA JUGA : Buick Super 1949, Mobil Dinas Milik Soekarno

Untuk bagian bannya mobil yang satu ini sudah mengadopsi teknologi anti-kempes (Run Flat Tyre) dari Michelin dimana memungkinkan mobil ini dapat melaju sejauh 30km meskipuhn tekanan bannya nol.

Interior

Beberapa fitur tambahan lainnya yang disematkan pada mobil ini adalah fitur bantuan pengemudi seperti DISTRONIC PLUS with Stop&Go Pilot, BAS PLUS Brake, Active Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist lalu PRE-SAFE Brake yang diklaim bisa mendeteksi pejalan kaki dan rem parkir elektronik.

Ada juga fitur Night View Assist Plus yang membuat pengendara mobil bisa melihat obyek lain dalam suasana gelap diluar mobil.

Untuk sektor dapur pacunya sendiri, Mercedes Benz S600 Guard dibekali dengan mesin V12 berdaya 530 daya kuda yang mampu membawa mobil ini melaju dalam kecepatan maksimum 210 km/jam.

Mercedes Benz S600 Guard

Pergantian dari mobil dinas ini adalah rencana lanjutan dimana mobil dinas yang lama dinilai sudah terlalu tua dan sering mengalami masalah seperti mogok dijalan ketika digunakan.

Bagaimana tanggapan dari sahabat Otozola mengenai mobil yang satu ini ? Apakah sahabat sudah pernah melihat mobil ini ? Yuk berikan tanggapannya dikolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here