Home ARTIKEL Mengenal Ducati Diavel 1260, Pemenang Motor dengan Desain Terbaik Red Dot

Mengenal Ducati Diavel 1260, Pemenang Motor dengan Desain Terbaik Red Dot

468
0

AGG– 8 tahun yang lalu, tepatnya di ajang gelaran EICMA 2010 di Milan, Italia lahir sebuah motor sport cruiser yang sangat fenomenal. Moge yang dibuat oleh Ducati tersebut bernama Ducati Diavel.

Ducati Diavel 1260 kembali lagi mendapatkan pembaharuan desainnya di pamerkan sekali lagi di ajang yang sama yaitu EICMA 2018.

Dan kini siapa sangka di usianya kini yang hampir 1 dekade motor ini telah mendapatkan 3 jenis penghargaan desain terbaik. Penghargaan desain pertama untuk motor ini didapatkan di tahun 2013 dimana saat itu Ducati Diavel berjenis Panigale lah yang memenangkannya.Penghargaan kedua didapatkan 3 tahun kemudian yaitu 2016 untuk motor XDiavel S.

Penghargaan ketiga ini didapatkan dari Red Dot Design Awards yang merupakan penghargaan yang sudah sangat terkenal karena penghargaan ini pertama kali diadakan pada tahun 1955, dan tahun ini sebanyak 21 juri menikai lebih dari 5.500 produk dari 31 kategori. Kriteria uang dinilai adalah segmen, fungsionalitas, dan daya tarik emosional di luar fungsi dasar.

Perlu diketahui bahwa moge ini sudah menjadi andalan utama dari Ducati selain Ducati SuperBike dan Ducati Monster.

Motor baru ini mempunyai desain yang sangat besar, kekar dan lebih modern serta sporty tanpa kehilangan ciri khasnya sebagai motor cruiser.

Pada sektor dapur pacu juga terjadi perubahan, yakni kini Ducati Diavel 1260 mengusung mesin yang sama dengan milik Ducati XDiavel, 2-silinder L-twin 1.262cc berteknologi Desmodromic Variable Timing (DVT) yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 159 hp dengan torsi maksimum mencapai 129 Nm.

Motor ini memiliki tingkat akselerasi yang cepat dimana untuk mencapai kecepatan 0-97km/jam hanya memerlukan waktu kurang lebih 2,93 detik, untuk top speednya moge ini mampu melaju hingga 206 km/jam.

Selain itu lampu sein pada moge ini terletak pada shroud dibawah tangki. Sasisnya pun diubah guna meningkatkan kenyamanan berkendara. Suspensi yang digunakan adalah suspensi upside down 50mm didepan dan pada bagian belakang menggunakan suspensi monoshock single-sided swing-arm.

Untuk bagian ban moge ini menggunakan ban Pirelli Diablo Rosso III pada bagian depan dan belakang yang masing-masing berukuran 120/70 ZR17 dan 240/45 ZR17.

Berikut adalah beberapa fitur yang dibawanya :

– Lampu LED berteknologi tinggi yang membuat pencahayaan motor ini sangat terang, efisien dan tetap gaya tentunya.

– Electronic Riding Mode, ada 3 pilihan yakni Sport, Touring dan Urban. Masing-masing pilihan memiliki fungsi yang berbeda-beda namun yang pasti ini dibuat guna kenyamanan bagi pengendaranya contohnya mode Sport yang memungkinkan mesin untuk memberikan tenaga 162hp yang penuh dengan akselerasi maksimal, mode Touring yang memungkinkan mesin untuk memberikan 162hp yang penuh, tetapi tidak secara maksimal, sehingga masih bisa dibilang smooth dan nyaman sedangkan mode Urban memungkinkan mesin untuk memberikan tenaga hanya 100hp saja yang cocok untuk digunakan di lalu lintas kota seperti biasanya.

– Hands-free ignition, Sistem pengapian diavel dikendalikan/digerakkan dengan sebuah kunci elektronik, yang bisa berfungsi pada jarak maksimal sekitar 2 meter (6.5 kaki). Kunci elektronik tersebut bisa digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mesin, mengunci kemudi, membuka tutup dudukan dan juga tangki bahan bakar.

– DTC yaitu sistem yang sangat cerdas yang bertindak sebagai filter antara tangan pengendara dan ban belakang motor. Hanya dalam waktu milidetik saja, DTC ini mampu mendeteksi dan mengontrol putaran ban belakang, sehingga keselamatan pengendara terjamin.

Itulah sekilas mengenai Ducati Diavel 1260 terbaru yang baru saja memenangkan penghargaan motor desain terbaik dari Red Dot. Apakah Anda tertarik untuk mencoba motor ini ? Berikan tanggapan Anda di kolom COMMENT dan jangan lupa di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here