Home ARTIKEL Kerugian Yang Ditimbulkan Akibat Telat Ganti Oli

Kerugian Yang Ditimbulkan Akibat Telat Ganti Oli

245
0
telat ganti oli kendaraan

Sebagai pemilik kendaraan bermotor sudah sepatutnya kita harus selalu menjaga kendaraan milik sendiri dengan rutin merawatnya, tentunya kendaraan bermotor akan rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu fungsi dari oli dalam mendukung kinerja mesin adalah mengurangi gesekan dan keausan antar komponen mesin.

pelumas kendaraan

Kerugian yang ditimbulkan akibat telat ganti oli adalah salah satunya getaran yang sangat amat terasa pada bagian mesin, tarikan mesin juga menjadi semakin berat .

Mengganti oli ada periodik dan maintenancenya, disarankan 6 bulan atau 5 ribu kilometer, kalau 10 ribu kilometer itu tentu saja sudah kelamaan.

oli motor hitam

Karena bisa kita lihat bahwa sekarang dijalanan sering macet dan tentu saja bisa mempengaruhi kualitas oli.

Jika saja cairan penting tersebut dalam kondisi kotor dan volumenya sudah berkurang maka alhasil mesin hars bekerja ekstra keras sehingga gesekannya akan semakin kuat.

Selain itu sering telat mengganti oli akan menbuat mesin kendaraan lebih cepat overheating atau panas yang berlebihan.

overheating

Oli yang berfungsi sebagai pendingin mesin, akan mengalami penurunan kalau volumenya sudah berkurang dan jika dibiarkan maka lama-kelamaan komponen yang ada didalam mesin akan mengalami kerusakan.

Parahnya lagi apalagi jika kendaraan sudah kehabisan oli dan mengalami panas berlebihan maka bisa saja ketika digunakan akan secara tiba-tiba mati ditengah jalan.

Resiko terbesar yang harus ditanggun oleh pemilik kendaraan jika tidak ingin mengganti oli kendaraan adalah turun mesin. Hal ini disebabkan karena mesin yang sudah rusak akibat oli tidak diganti telah menjalar ke komponen yang lain.

Sehingga jika pemilik kendaraan ingin kendaraan balik seperti semula maka harus melakukan turun mesin, dan tentu saja proses yang satu ini memakan biaya yang sangat besar dan membutuhkan waktu lama untuk pengerjaannya.

filter oli kendaraan rusak

Tanda lain yang perlu diperhatikan adalah berkurangnya volume oli mesin, ketika hal ini terjadi biasanya pada knalpot kendaraan akan mengeluarkan asap putih.

Hal tersebut terjadi dikarenakan komponen ring piston sudah rusak sehingga menyebabkan oli merembes masuk ke ruang bakar.

Bagaimana tanggapan sahabat mengenai tips yang satu ini? apakah sahabat masih sering telat mengganti oli kendaraan ? Yuk berikan tanggapannya di kolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here