Home TIPS N TRIK Jangan Langsung Menyalakan AC Ketika Mesin Mobil Baru Dihidupkan

Jangan Langsung Menyalakan AC Ketika Mesin Mobil Baru Dihidupkan

167
0

Memanaskan mobil sebelum digunakan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan. Hal tersebut dilakukan agar mesin mobil dapat bekerja dengan optimal disuhu ideal.

Biasanya kegiatan memanaskan mobil dilakukan dipagi hari sebelum memulai aktivitas, ketika mobil sedang dipanaskan biasanya pengendara berada di kabin sehingga lama kelamaan akan merasa gerah solusinya ada menyalakan AC mobil.

Menyalakan AC mobil ketika mesin mobil baru saja dihidupkan ternyata tidak dianjurkan karena berbahaya, dampak yang akan bisa terjadi apabila hal ini sering dilakukan adalah sangat berbahaya.

Selain itu jika menyalakan AC saat suhu udara di dalam mobil belum mencapai titik normal maka akan membebani dan memperberat performa mesin, sehingga menjadi tidak maksimal.

Jika tetap ingin menyalakan AC maka tunggulah samapi suhu mesin sudah mencapai titik normal. Dengan begitu beban kerja mesin terhadap kompresor AC tidak akan terlalu berat.

Ada 2 alasan utama mengapa menyalakan AC saat mesin baru dihidupkan itu berbahaya, berikut adalah 2 alasan tersebut :

1. Menimbulkan reaksi kimia berbahaya untuk tubuh

Beberapa benda yang ada didalam mobil seperti pengharum ruangan, bahan pelapis jok hingga material plastik menjadi sumber masalahnya. Ketika mobil sedang tidak digunakan apalagi jika diparkirkan di tempat yang langsung terkena sinar matahari maka akan menyebabkan reaksi tertentu pada benda-benda tersebut.

Berbagai senyawa baru yang berbahaya pun muncul, salah satunya adalah benzena yang terkenal sebagai racun penyebab kanker.

Benzena yang muncul akan disirkulasikan oleh AC sehingga penumpang yang menghirup udara AC mobil otomatis akan terkena polusi ini.

Karena bersifat racun, benzena mampu mempengaruhi ginjal dan hati karena dua organ yang berperan sebagai penyerap racun tersebut kesulitan untuk mengeluarkannya. Tidak hanya itu, benzena juga mampu meracuni tulang dalam tubuh sehingga menyebabkan anemia dan penurunan jumlah sel darah putih.

Semakin lama terhirup dalam tubuh, maka benzena dapat menimbulkan leukimia yang memperparah resiko kanker, parahnya lagi benzena dapat menyebabkan keguguran pada ibu yang hamil.
2. Dapat memicu kecelakaan

Saat mobil berada dalam ruangan dengan keadaan jendela tertutup, benzena dapat terproduksi antara 400-800mg. Bila diparkir di luar ruangan dan dibawah terik matahari pada temperatur 15 derajat celcius ke atas, tingkat kepadatan benzena bisa mencapai 2.000 – 4.000mg. Padahal tingkat toleransi manusia terhadap racun benzena hanya 50mg/ft2.

Gas ini tak berbau dan tak berwarna sehingga sulit terdeteksi. Orang yang mengalami keracunan umumnya akan merasa mengantuk, pusing atau mual sesaat setelah menghidupkan AC. Hal ini lah yang bisa memicu terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Ketika memanaskan mobil digarasi, bukalah terlebih dahulu pintu garasi tersebut, tujuannya agar sirkulasi udara yang ada dapat keluar mengingat sangat beracun.

Selama memanaskan mesin mobil, pastikan rem tangan mobil aktif. Hal ini dilakukan agar mencegah mobil meluncur dengan sendirinya. Terutama bila posisi mobil berada pada permukaan tanah yang tidak rata.

Bagaimana tanggapan Anda terhadap tips ini ? Apakah selama ini Anda sudah melakukan hal yang benar ? Yuk berikan tanggapannya di kolom COMMENT dan jangan lupa juga untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here