Honda Tiger di Indonesia

Mengingat Kembali Honda Tiger, Motor Legend Simbol Lelaki Sejati

Posted on

Honda Tiger menjadi salah satu motor sport yang melegenda di Indonesia. Meski sudah tak diproduksi lagi oleh Honda Indonesia, penggemar motor ini tetap ada. Honda Tiger secara spesifikasi sangat mumpuni untuk tunggangan kaum pria dari dulu sampai sekarang.

Honda Tiger adalah salah satu seri motor yang dikeluarkan oleh Honda pada awal tahun 90-an. Motor sport ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1993 lalu. Selama 13 tahun berturut-turut sampai tahun 2016, Honda Tiger terus mengeluarkan seri-seri motor terbarunya.

Motor ini sudah masuk ke Indonesia sejak pertama kalinya, mendapatkan pasar tersendiri. Honda mencatat sampai tahun 2012, Honda Tiger sudah terjual sampai 440 ribu unit di Indonesia.

Honda Tiger sendiri terakhir kali diproduksi di Indonesia pada tahun 2014 lalu. Sejak tahun itu pula, Honda hanya menerima pesanan untuk menghabiskan stok tersisa di Indonesia.

Motor ini memiliki spesifikasi yang menjanjikan pada kelasnya. Honda Tiger memiliki volume langkah sampai 196,9 cc. Honda Tiger sendiri menggunakan tipe mesin berupa 4 langkah SOC. Honda Tiger pun memiliki transmisi dengan kapasitas 6 kecepatan.

Secara periode sejarah produksi, seri Honda Tiger dapat terbagi menjadi 4 fase, yakni ;

  • Super Cruiser

Seri motor Honda Tiger Super Cruiser ini berlangsung dari periode 1993 sampai tahun 2002. Menggunakan kode produksi dengan nama GL-200, seri Honda Tiger ini memiliki beberapa variasi warna mulai dari hijau gelap, merah marun, perak, hitam sampai merah.

  • New Super Cruiser

Seri motor Honda Tiger ini berlangsung dari 2002 sampai 2006. Seri ini menggunakan kode GL-200S. Varian warna dari seri ini mulai dari dual tone color dan warna biru.

  • Revolution Cruiser

Seri motor Honda Tiger ini diproduksi mulai dari tahun 2006 sampai 2008. Terdapat 2 kode produksi dari seri ini, yakni GL-200D dan GL-200R. Varian warna dari seri ini mulai dari hitam, merah marun, biru dan perak.

  • New Revolution Cruiser

Seri motor Honda Tiger ini menjadi yang terakhir oleh Honda. Seri ini diproduksi mulai dari tahun 2008 sampai 2012. Seri ini menggunakan kode GL-200R1. Hanya ada 2 varian warna motor pada seri ini, yakni hitam dan abu-abu.

Bagi yang berminat, Honda masih menyediakan Honda Tiger dengan 4 varian warna. Keempat varian warna tadi adalah Trust Violet, Unity Black, Respect Red dan Loyal White. Harga Honda Tiger tadi mulai dari Rp. 25.850.000,00 per unitnya.

Meski sudah tak diproduksi lagi, Honda Tiger tetap memiliki penggemar cukup banyak di Indonesia. Kolektor motor antik pun banyak memburu Honda Tiger ini. Jika ada yang berminat dengan Honda Tiger ini, bisa menghubungi dealer Honda terdekat di masing-masing kota.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *