Seri terbaru mobil asal Korea Selatan di Indonesia

Heboh-heboh Soal Korea, Deretan Mobil dari Korea Selatan Ini Sudah Beredar di Indonesia

Posted on

Beberapa hari ini, publik Indonesia heboh soal Korea Selatan. Berbicara soal Korea Selatan, ada banyak mobil dari Korea Selatan yang sudah beredar di Indonesia. Beberapa seri mobil tadi memiliki harga yang terjangkau.

Tengah pekan lalu, Timnas U-23 Indonesia menang adu penalti atas Tim U-23 Korea Selatan pada ajang Piala Asia U-23 2024. Kemenangan ini disambut heboh masyarakat Indonesia, utamanya publik sepakbola Indonesia. Seperti kita tahu, Korea Selatan adalah salah satu kekuatan sepakbola terbaik di Asia.

Tidak hanya sepakbola, Korea Selatan dikenal memiliki banyak produk-produk berkualitas tinggi, termasuk mobil. Korea Selatan memiliki beberapa produsen mobil terkemuka di dunia. Cukup banyak mobil dari Korea Selatan yang masuk ke Indonesia. Sedikitnya ada 2 produsen mobil dari Korea Selatan yang sudah masuk pasar Indonesia. Kedua produsen mobil tadi adalah KIA dan Hyundai Motors. Penjelasan lebih rinci soal dua produsen mobil tadi dapat dibaca dibawah ini.

1. KIA

Memiliki nama asli KIA Motors, produsen mobil asli Korea Selatan ini memiliki pengalaman panjang dalam memproduksi mobil. KIA sendiri berdiri dan beroperasi sejak tahun 1944 lalu. Sudah lebih 80 tahun KIA memproduksi dan menjual mobil ke seluruh Indonesia.

KIA mulai masuk ke Indonesia pasca reformasi, tepatnya pada tahun 1999 silam. Lebih dari 25 tahun, KIA memasarkan mobil ke Indonesia. Masuk tahun 2024 ini, KIA sudah merilis beberapa seri mobil terbaru. Sedikitnya ada 5 seri mobil KIA di tahun 2024 ini. Kelima seri mobil KIA tadi, yakni ;

  • KIA Sonet

Hargo mobil KIA Sonet untuk pasar Indonesia berada pada kisaran mulai dari 227,6 juta Rupiah sampai 346 juta Rupiah per unitnya. Spesifikasi KIA Sonet pun tak kalah menjanjikan. Kapasitas penumpang mobil bisa sampai 5 orang. Tenaga mobil ini sampai 113 hp. Sementara itu, kapasitas mesin KIA Sonet mencapai 1497 cc.

  • KIA Seltos

KIA Seltos memiliki harga mobil mulai dari 342,5 juta Rupiah sampai 446,5 juta Rupiah per unitnya. KIA Seltos memiliki kapasitas mesin mencapai 1353 cc. Tenaga mobil ini mencapai 138 hp. KIA Seltos menggunakan jenis transmisi dual clutch.

  • KIA K2700

KIA K2700 memiliki harga lebih murah dibandingkan 2 seri mobil KIA sebelumnya. KIA K2700 memiliki harga mulai dari 211,7 juta Rupiah per unitnya. Kapasitas mesin KIA K2700 mencapai 2665 cc. Tenaga mobil KIA K2700 mencapai 79 hp.

  • KIA Carens

Harga KIA Carens mulai dari 407 juta Rupiah sampai 467 juta Rupiah per unitnya. KIA Carens memiliki kapasitas tempat duduk sampai 7 orang. Tenaga mobil KIA Carens mencapai 138 hp. Kapasitas mesin KIA Carens mencapai 1497 cc.

  • KIA EV9

KIA EV9 berkategori mobil listrik. KIA EV9 dibandingkan 4 seri mobil sebelumnya, memiliki harga paling mahal. Harga KIA EV9 per unitnya mulai dari 1,975 Milyar Rupiah. Tenaga mobil KIA EV9 ini mencapai 380 hp. Kapasitas baterai KIA EV9 mencapai 99,8 kWh.

2. Hyundai

Hyundai menjadi produsen mobil kebanggaan Korea Selatan. Produsen mobil ini berdiri pada tahun 1967, artinya sudah 57 tahun lebih Hyundai memproduksi dan menjual mobil ke seluruh Indonesia. Hyundai sendiri masuk ke Indonesia sejak tahun 1995 lalu. Beberapa pabrik perakitan Hyundai sudah ada di Indonesia, salah satunya di Bekasi Barat.

Khusus pasar Indonesia, Hyundai sudah meluncurkan beberapa seri mobil terbaru. Sedikitnya ada 3 seri mobil dari Hyundai yang sudah beredar di Indonesia. Ketiga seri mobil Hyundai tadi, yakni ;

  • Hyundai Creta

Hyundai Creta memiliki harga per unit mulai dari 297,3 juta Rupiah sampai 421,8 juta Rupiah. Kapasitas tempat duduk Hyundai Creta sampai 5 orang. Tenaga mobil Hyundai Creta mencapai 113 hp. Kapasitas mesin Hyundai Creta mencapai 1497 cc.

  • Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer memiliki harga lebih murah dari Hyundai Creta. Tercatat, harga per unit Hyundai Stargazer mulai dari 272,5 juta Rupiah. Hyundai Stargazer memiliki kapasitas mesin mencapai 1497 cc. Tenga mobil Hyundai Stargazer mencapai 113 hp. Soal tempat duduk, Hyundai Stargazer bisa memiliki kapasitas tempat duduk sampai 7 orang.

  • Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe memiliki harga lebih mahal ketimbang dua seri mobil Hyundai sebelumnya. Harga per unit Hyundai Santa Fe mulai dari 605,5 juta Rupiah. Lebih spesial, Hyundai Santa Fe menyediakan 2 pilihan mesin, satu untuk jenis bensin dan satu untuk diesel.

Adanya dua mesin ini membuat ada perbedaan pula dengan spesifikas mesinnya itu sendiri. Hyundai Santa Fe berjenis bensin, memiliki kapasitas mesin mencapai 2497 cc. Hyundai Santa Fe berjenis diesel memiliki kapasitas mesin mencapai 2151 cc. Tenaga mobil Hyundai Santa Fe berjenis bensin, memiliki tenaga mobil sampai 178 hp. Tenaga mobil berjenis diesel memiliki tenaga mobil sampai 199 hp.

Itulah sedikit seri mobil yang dikeluarkan oleh Hyundai dan KIA di tahun 2024 ini. Konsumen di Indonesia bisa memilih mobil sesuai kebutuhannya masing-masing.***

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *