Home ARTIKEL Honda RC213V, Motor Andalan Milik Marc Marques

Honda RC213V, Motor Andalan Milik Marc Marques

90
0
Honda RC213V

Pembalap MotoGP terbaik asal Spanyol yaitu Marc Marques baru saja berhasil menyabet gelar juara MotoGP musim 2019 di sirkuit Buriram, Thailand, keberhasilan tersebut tidak lepas dari performa bagus dari Honda RC213V miliknya.

Motor ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 lalu dan hingga saat ini terus dikembangkan oleh pihak Honda hingga dapat meraih kesuksesan saat ini.

Dilansir dari halaman resminya, berikut adalah spesifikasi resmi dari Honda RC213V yang digunakan oleh Marc Marques :

TECHNICAL SPECIFICATION RC213V 2019
– Overall Length (mm) = 2052
– Overall Width (mm) = 645
– Overall Height (mm) = 1110
– Wheelbase (mm) = 1435
– Road Clearance = 115
– Weight (kg) = As per FIM regulations 157 kg
– Engine Type = liquid-cooled, four-stroke, DOHC 4 valve, V-4
– Displacement = 1000
– Maximum Power = Over 180 kW
– Frame Type = Aluminium twin-tube
– Wheels Front (inch) = 17
– Wheels Rear (inch) = 17
– Suspension Front = Telescopic fork
– Suspension Rear = Pro-link
– Fuel Tank Capacity (litres) = 22

Honda RC213V

Perlu diketahui bahwa spesifikasi yang disebutkan diatas belum semuanya dikarenakan tentu saja merupakan rahasia dari pabrik namun jika melihat tenaga maksimum yang mampu dikeluarkannya tersebut maka tidak heran jika motor ini sangat bagus.

Honda RC213V memiliki body fairing yang dimodifikasi untuk mencapai kompatibilitas dan kinerja maksimum antara handling dan drag alias hambatan udara.

Body yang digunakan terbuat dari serat karbon ringan yang membuat menjadi aerodinamis dan dapat melaju kencang.

Honda RC213V

Sasis pada motor ini sudah dimodifikasi sehingga lebih seimbang dan stabil saat menikung, pihak Honda juga kabarnya membuat mesin pada motor ini menjadi lebih ringan, bertenaga sesuai dengan karakter pembalapnya.

BACA JUGA : Triumph Daytona Moto2 Resmi Diluncurkan, Dibuat Terbatas

Sasis yang digunakan adalah aluminium twin-spar yang sangat ringan namum juga diperlukan untuk menampung dan menghasilkan tenaga yang lebih besar dari mesin ke ban belakang.

Kemudian sasis ini juga memiliki jumlah fleksibilitas yang dirancang dengan cermat untuk meningkatkan cengkraman ban ke aspal.

Motor balap ini menggunakan mesin 4 silinder “V” 1 liter yang dapat mengekploitasi daya maksimum 1.000cc, cocok dan tangguh untuk dipacu selama 19 seri balapan dengan jatah 7 mesin.

Ohlins Suspension

Pihak Honda mempercayakan suspensi milik Ohlins untuk motor balap yang satu ini, tugasnya adalah menjaga agar ban tetap bersentuhan dengan tanah dan mampu menghasilkan cengkraman maksimum.

Ban yang digunakan motor balap ini adalah ban yang disediakan khusus oleh Michelin yang ditunjuk langsung oleh pihak MotoGP.

Rem Brembo

Disektor keamanan motor balap ini menggunakan Brembo sebagai rem cakramnya, tentu saja karena rem ini merupakan rem yang bisa dibilang kualitasnya paling bagus saat ini.

Jika kondisi trek sedang basah maka pembalap diizinkan untuk menggunakan cakram rem baja milik Yutaka untuk bagian depan maupun bagian belakang.

Biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak Honda ketika motor balap ini mengalami kerusakan adalah berkisar dari Rp. 232 juta hingga Rp. 7,7 miliar tergantung seberapa parah kerusakannya.

Bagaimana tanggapan dari sahabat Otozola mengenai motor balap ini ? Jika diberi kesempatan apakah sahabat tertarik untuk mencobanya ? Yuk berikan tanggapannya dikolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here