Home ARTIKEL HANKOOK TIRE dan 3 Ban Konsep Andalannya

HANKOOK TIRE dan 3 Ban Konsep Andalannya

263
0
Hankook Tire Concept

Salah satu brand otomotif asal Negri Ginseng Korea Selatan yaitu Hankook Tire baru-baru ini merilis ban konsep masa depan pada ajang Essen Motor Show 2018.

Pada ajang ini Hankook Tire memajang dua ban konsep yang merupakan hasil karya para pemenang proyek Design Innovation 2018, dimana proyek tersebut secara rutin diadakan setiap 2 tahun sekali dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah bergengsi.

design innovation

Para peserta proyek diminta untuk membuat konsep ban baru dengan menggunakan teknologi Autonomous Driving (Auto Pilot) yang biasa digunakan pada mobil otonom.

Design dari para peserta ini secara menyeluruh dievaluasi berdasarkan empati terhadap konsumen, daya tarik, implementasi berdasarkan prinsip-prinsip teknik persuasif dan sejenisnya.

Hasilnya dipilih 3 pemenang yakni Aeroflow, HLS 23 dan Hexonic. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing ban konsep tersebut :

HANKOOK TIRE HEXONIC

hexonic

Hexonic adalah ban pintar untuk kendaraan umum otonom. Karena mobil otonom tidak memiliki driver maka yang menjadi sasaran utama adalah kenyamanan dan keamanan, ban Hexonic ini membantu kendaraan untuk mencapai performa terbaik dengan memindai jalan secara real time dengan tujuh sensor yang terdapat pada tapak ban.

hankook hexonic

HANKOOK TIRE AEROFLOW

aeroflow

Aeroflow adalah ban balap dengan downforce maksimum. Fokus utama dalam pembuatan ban ini cukup unik karena downforce biasanya hanya dipelajari ketika berhubungan dengan body mobil.

hankook aeroflow

HANKOOK TIRE HLS 23

Ban yang satu ini dikembangkan khusus untuk layanan komersial, yang mana HLS 23 mendukung operator transportasi tanpa awak. Ban ini dilengkapi dengan sensor disetiap sisinya dan dapat memantau HLS 23 yang lainnya sehingga dapat menjaga jarak yang konsisten saat mengirimkan kargo. Menariknya HLS 23 juga dapat beroperasi secara individual maupun dalam kelompok yang dirakit secara bersamaan.

hankook hls 23

BACA JUGA : Ban Anti-Kempes Siap Dijual Tahun 2024

Dan ban yang dipilih untuk mengikuti ajang Essen Motor Show 2018 adalah ban Hexonic dan ban Aeroflow.

Fitur yang terdapat pada ban Hexnic sungguh canggih dimana seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya akan ada 7 sensor yang membaca, menganalisa dan beraksi terhadap permukaan jalan secara real time karenanya akan muncul tapak-tapak heksagonal sesuai dengan kebutuhan permukaan jalan.

Sedangkan untuk Aeroflow, yang membuat ban ini menarik adalah desainnya yang mampu memberikan daya tekan ban pada dunia balapan.

aeroflow and hexonic

Dimensinya yang lebar dengan tapaknya yang slick, bahkan bisa bertambah lebar dan menghisap udara ke ruang turbin.

Hankook sendiri menegaskan bahwa kipas turbin akan membantu menciptakan gaya tekan bila dibutuhkan terutama pada berbagai kecepatan atau saat melakukan manuver di tikungan.

Itulah ketiga ban konsep milik Hankook Tire yang siap untuk dipakai dimasa depan nantinya.

Bagaimana tanggapan dari sahabat Otozola mengenai berita yang satu ini ? Apakah sahabat pernah memakai ban milik brand yang satu ini ? Yuk berikan tanggapannya di kolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here