Home REVIEW MOTOR Gesits, Motor Listrik Karya Anak Bangsa

Gesits, Motor Listrik Karya Anak Bangsa

142
0

Perkembangan teknologi yang semakin besar setiap harinya mau tidak mau membuat para produsen otomotif di seluruh penjuru dunia terus berusaha untuk melakukan inovasi.

Inovasi yang dilakukan salah satunya adalah meluncurkan kendaraan yang berbahan bakar listrik alias kendaraan yang menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkannya.

Adapun beberapa perusahaan besar yang sudah lebih dulu menghadirkan produk otomotif listrik terbaiknya yakni Piaggio, Vespa dan Tera e-Bike.

Seolah tidak ingin kalah dengan perusahaan asal luar negri, para mahasiswa dalam negri yang tergabung dalam mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berkerja keras membuat sebuah sepeda motor listrik yang bernama “Gesits”.

Motor listrik yang satu ini diperkenalkan pertama kali pada Mei 2016 lalu di Gedung Riset Mobil Listrik Surabaya, kemudian dikabarkan sudah memasuki proses produksi pada tahun 2018 dan akhirnya secara resmi diluncurkan di ajang IIMS 2019.

Gesits dihadirkan dengan membawa sejumlah kelebihan yang berbeda dengan motor listrik lainnya. Namun jika dilihat pada desain fisiknya Gesits memiliki tampilan yang cukup mirip dengan Honda Vario 125.

Soal fitur yang diusung, motor listrik yang satu ini akan membawa sejumlah paket Gesits Smart Function yang mana akan memberikan beberapa fitur keselamatan berkendara.

Berikut adalah spesifikasi dari Gesits :

SPESIFIKASI DARI GESITS

DRIVETRAIN

  • Kontrol Katup : Ride-by-wire Electric Throttle
  • Mode Berkendara : Eco Mode / Urban Mode / Sport Mode
  • Motor : Permanent Magnet Synchronous Motor 2kW rated 5 kW peak
  • Sistem Pendinginan : Air Cooled System
  • Sabuk Transmisi : Gates Poly Chain GT Carbon Belt
  • Ouput Daya Maksimum : 5 kW @3.600rpm
  • Tenaga Maksimum : 6.7 hp @3.600rpm
  • Torsi Maksimum : 30 Nm @0-2125rpm

PERFORMA

  • Akselerasi (0-50km/h)* : 5 detik
  • Kecepatan Maksimum : 70km/h
  • Jarak Tempuh Maksimum : 50 km untuk baterai tunggal, 100 km untuk baterai ganda

DIMENSI, RANGKA & KAKI-KAKI

  • Panjang : 1.974mm
  • Lebar : 674mm
  • Tinggi : 1.135mm
  • Jarak Antar Roda : 1.290mm
  • Berat Kotor : 94.5 kg
  • Rangka : Baja
  • Suspensi Depan : Teleskoptik
  • Suspensi Belakang : Aluminium Multi-Link
  • Sistem Pengereman : Rem Cakram Ganda
  • Ban Depan : 80/80-R14
  • Ban Belakang : 100/80-R14

Dilihat dari spesifikasi diatas dapat dikatakan bahwa motor listrik karya anak bangsa yang satu ini memang sangat layak untuk bersaing dengan produk dari perusahaan asing lainnya.

Pertama dilihat dari konsep desain yang dibawanya tampak memang tak jauh berbeda dengan desain dari motor matic berbahan bakar bensin pada umumnya.

Bodinya sendiri mengusung konsep sporty dimana jika dilihat sekilas mirip dengan Honda Vario 125 yang mengedepankan stabilitas dan aerodinamis.

Dibagian depan tampak jelas lampu utama atau headlamp HID Projection berteknologi LED yang dibentuk sipit lengkap dengan Day Running Light (DRL) yang terpasang manis dibagian sisi kiri dan kanan.

Tampak jelas pula lekukan garis tegas pada bodi samping yang memanjang hingga buritannya sehingga kesan sporty pada motor ini semakin kuat.

Desain jok yang dibawanya dirancang sesuai dengan menyesuaikan desain bodi samping.

Dibagian belakang motor listrik ini juga dibekali dengan lampu DRL yang memang sama dengan lampu depannya. Desainnya tampak dibuat memanjang hingga ke samping bodi.

Speedometer yang dibawa Gesits ini berbeda sekali dengan skuter matic pada umumnya, menurut Kepala Laboratorium Sistem Otomatis Industri ITS, motor tersebut akan mengandalkan speedometer indikator yang terkoneksi dengan smartphone berbasis sistem Android.

Hal tersebut tentu saja sangat spesial karena menjadi sebuah nilai tambah yang ditawarkan motor listrik ini.

Pemilik kendaraan akan menginstal software speedometer yang dibentuk oleh Monitor System dan dibekali oleh prosesor sebesar 1GHz.

Pada Speedometer tersebut menunjukkan informasi mengenai kecepatan, kapasitas baterai, dan rpm.

Dimensi daripada motor ini cukup ramping dengan panjang 1.974mm x 674mm x 1.135mm dengan bobotnya yang mencapai 94.5 kg. Rangka yang digunakan pada motor listrik ini merupakan rangka yang kokoh dengan mengusung sasis Tubular dapat dipastikan motor ini sangat seimbang ketika dikendarai.

Karena merupakan motor listrik maka tentu saja Gesits ini tidak memiliki tangki bahan bakar melainkan sebuah tempat untuk menaruh baterai yang dideasin removeable sehingga bisa dilepas kapanpun yang pemilik mau.

Gesits dilengkapi dengan suspensi-suspensi kokoh yang sudah terkenal dimana suspensi tersebut digunakan untuk mendukung dan memperkuat motor listrik tersebut ketika digunakan dijalan tidak rata.

Pada suspensi depan Gesits mengandalkan tipe suspensi Telescopic Shock sedangkan untuk bagian belakang Gesits menggunakan suspensi tipe Aluminium Multi-Link.

Pada sektor pengereman Gesits menggunakan rem Double Disk Brake atau cakram ganda pada bagian depan maupun belakang. Untuk bagian ban motor ini menggunakan velg berukuran 14 inci yang dibalut dengan ban berukuran 80/80-R14 pada bagian depan dan dibagian belakang menggunakan ukuran 100/80-R14.

Disektor dapur pacu khusunya daya penggerak Gesits mengusung baterai jenis Li-Ion (Lithium-Ion) yang berkapasitas 5.000 WH. Baterai tersebut dapat diisi ulang dalam kurun waktu antara 3-4 jam.

Baterai ini juga dapat ditukar(battery swapping) sehingga pengguna bisa dengan mudah mengganti baterai pada motor listrik ini.

Sedangkan untuk mesinnya Gesits ini menggunakan Permanent Magnet Synchronous yang memiliki kekuatan sebesar 5 KW yang terpasang di atas rangka.

Mesin tersebut bekerja pada tegangan 96 Volt DC dan mampu memberikan kecepatan sebesar 5KW pada putaran ke 3.600rpm dan maksimum torsinya mencapai 30 Nm per 3.600 rpm juga.

Dengan tenaga sebesar itu Gesits dapat menempuh jarak hingga 50km dengan satu baterai dan 100km dengan menggunakan dua baterai. Untuk sistem transmisinya Gesits menggunakan timing belt untuk memutar roda belakang yang diklaim unggul pada durabilitasnya.

Fitur lain yang dibawa Gesits ini adalah regenerative brake yang memungkinkan saat deselerasi otomatis motor listrik akan diiringi dengan pengisian baterai.

Kemudian ada lagi GESITS Smart Function yang mengusung beberapa fitur handal, seperti Detection & Protection System Failure dengan Dashboard Auto Adaptive dan lain sebagainya.

Untuk harganya sendiri, Gesits ini tidaklah mahal mengingat teknologi dan fitur yang dibawanya ini merupakan teknologi baru dan merupakan motor listrik pertama karya anak bangsa.

Harganya adalah sebesar Rp. 24.950.000,- Off The Road. Pembelian tersebut sudah 1 paket dengan garansi yang akan diterima pembeli selama 3 tahun, selain itu ada juga layanan call center selama 24 jam setiap harinya yang siap membantu pemilik jika Gesitsnya mengalami masalah.

Bagaimana tanggapan sahabat Otozola terhadap Gesits ini? Yuk berikan tanggapan di kolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here