Home ARTIKEL Ducati Scrambler Icon, Moge Ducati Yang Keren Abis

Ducati Scrambler Icon, Moge Ducati Yang Keren Abis

161
0

PT Cakra Motor Sports, Ducati Indonesia baru-baru ini secara resmi menghadirkan 4 varian Scrambler terbarunya. Keempat varian Scrambler tersebut tentu saja berhasil menggaet para penggemar otomotif di Indonesia.

Keempat varian Scrambler tersebut yakni Ducati Scambler Icon, Dessert Sled, Full Throttle, dan Café Racer.

Diantara keempat varian tersebut ada 1 varian yang sangat menarik dan membuat Otozola tertarik untuk membahas tentang varian tersebut. Varian yang dimaksud adalah varian Icon.

Disebut menarik karena untuk varian ini dikabarkan akan mendapatkan special price alias potongan harga yang bisa mencapai hingga Rp. 30 jutaan.

Perlu diketahui juga bahwa varian yang satu ini merupakan varian dasar unutk pengembangan 3 varian Scambler yang lainnya.

Karenanya konsep yang diusung Ducati pada varian Icon ini lebih mengedepankan gaya klasik yang dikombinasikan dengan konsep moge modern.

Hal ini tampak dari desain bodi berangka aluminium ditambah dengan baja ringan dengan bentuk tangki yang sangat modern.

Penasaran dengan spesifikasi yang dibawanya ? yuk langsung saja, berikut adalah spesifikasi dari Ducati Scrambler Icon :

SPESIFIKASI DUCATI SCRAMBLER ICON

MESIN

  1. Tipe Mesin : L-Twin, Desmodromic distribution. 2 valves per cylinder, air cooled
  2. Kapasitas Silinder : 803 cc
  3. Rasio Kompresi : 11:01
  4. Diameter x Langkah : 80 x 66mm
  5. Tenaga Maksimal : 54 kW (73 hp) @ 8,250rpm
  6. Torsi Maksimal : 67 Nm (49 lb-ft) @ 5,750rpm
  7. Suplai Bahan Bakar : Injeksi Bahan Bakar Elektronik, body throttle 50mm
  8. Kopling : APTC wet multiplate with mechanical control
  9. Transmisi : 6 Percepatan

DIMENSI

  1. Panjang : 2.100 – 2.165mm
  2. Lebar : 855mm
  3. Tinggi : 1.150mm
  4. Jarak Sumbu Roda : 1.436mm
  5. Tinggi Jok : 805mm
  6. Berat Kosong : 189kg
  7. Kapasitas Tangki : 13,5 L

RANGKA DAN KAKI-KAKI

  1. Tipe Rangka : Tubular steel Trellis frame
  2. Suspensi Depan : Upside Down Kayaba 41mm fork
  3. Suspensi Belakang : Kayaba rear shock with fully adjustable preload
  4. Rem Depan : Disk 330mm, Kaliper radial 4-piston dengan Bosch Cornering ABS sebagai perlengkapan standar
  5. Rem Belakang : Disk 245mm, Kaliper mengambang 1-piston dengan Bosch Cornering ABS sebagai perlengkapan standar
  6. Ban Depan : Pirelli MT 60 RS 110/80 R18
  7. Ban Belakang : Pirelli MT 60 RS 180/55 R17
  8. Roda Depan : 10-spoke on light alloy, 3.00″ x 18″
  9. Roda Belakang : 10-spoke in light alloy, 5.50″ x 17″

Jika dilihat pada spesifikasi diatas terlihat bahwa komponen yang dibawa oleh moge ini tidak main-main.

Pada bagian depan, terlihat sebuah headlights dengan kaca lensa dan DRL yang sudah menggunakan teknologi LED. Dengan bentuknya yang bulat ini semakin mempertegas bahwa moge yang satu ini memiliki aura klasik yang kuat.

Tidak hanya itu saja, moge ini juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang dibentuk sedemikian rupa dan memiliki lekukan lembut yang memberikan kesan berotot.

Dibawah tangki bahan bakar ini terdapat susunan blok mesin dengan kepala silinder hitam dan sirip aluminium yang disikat, sehingga semakin tampak tangguh.

Untuk jok nya, Ducati Scrambler Icon menerapkan tempat duduk rata dan lurus sejajar untuk memaksimalkan pengendaraan dan memaksimalkan ergonomis.

Sedangkan untuk stoplampnya sendiri, moge ini menggunakan stoplamp yang unik dan anti-mainstream dibalut dengan gaya futuristik yang semakin menambah ketangguhan moge ini.

Berlanjut ke speedometer, untuk speedometer yang digunakan pada moge ini adalah Full Digital, yang menampilkan beberapa informasi penting seperti Indikator Gigi, Level Bahan Bakar Baru yang dapat dipilih , Kecepatan km/jam, Jam Digital, RPM x1000, Lampu Sein, Lampu Netral, Indikator Bahan Bakar.

Moge ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol sakelar stang baru dan juga disematkan pula kontrol kopling hidraulik dengan tuas yang dapat disesuaikan.

Ducati Scrambler Icon memiliki dimensi yang cukup besar, namun tetap tampak gagah berkat rangka Tubular Steel Trellis Frame yang mana membentuk bodi moge ini.

Moge yang satu ini memiliki panjang 2.100-2.165mm dengan lebar 855mm dan tinggi 1.150mm, serta memiliki jarak sumbu roda sekitar 1.445mm.

Tak hanya itu, tangki bahan bakar moge ini juga mampu menampung sampai dengan 13.5 liter, moge ini juga memiliki ketinggian tempat duduk antara 778mm-798mm.

Beralih ke suspensi, Ducati Scrambler Icon pun juga akan dibekali dengan suspensi handal dan kuat. Pada bagian depan moge ini menggunakan suspensi tipe Upside Down Kayaba berukuran 41m fork, sedangkan untuk bagian belakangnya menggunakan suspensi tipe Rear Shock Kayaba dengan pengaturan yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Kedua suspensi ini sudah terjamin akan memberikan rasa nyaman bagi pengendara, apalagi ketika sedang melewati jalanan yang tidak rata. Keseimbangan pun akan terjaga sehingga pengendara tidak perlu takut karena kedua suspensi itu akan meredam setiap goncangan yang terjadi.

Moge yang satu ini dibekali dengan velg 10-spoke in light alloy, 3.00″ x 18″ yang terpasang dibagian depan dan velg 10-spoke in light alloy, 5.50″ x 17″ untuk bagian belakang.

Velg depan tersebut akan dibalut dengan ban merk Pirelli MT60RS dengan ukuran 110/80 R18 dibagian depan, sedangkan untuk bagian belakang akan menggunakan ban tipe Pirelli Diablo Roso II dengan ukuran 180/55 R17.

Pada sektor dapur pacu, moge yang satu ini dibekali dengan mesin tipe L-Twin bersistem Desmodromic Distribution 2 katup yang mana memiliki kapasitas kubikasi mencapai 803cc.

Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 54 kW (73Hp) per 8.250rpm dan torsi puncak 67 Nm per 5.750 rpm. Tenaga yang besar ini akan disalurkan melalui sistem transmisi 6 percepatan manual dengan sistem kopling Hydraulically controlled slipper dan self-servo wet multiplate clutch.

Perlu diketahui juga Ducati Scramble Icon ini sudah bersertifikasi EURO 4 yang mana berarti moge ini ramah lingkungan.

Sebagai tambahan dibawah jok Ducati Scramble Icon dikabarkan memiliki ruang bagasi berukuran pas dan juga adanya soket USB sebagai media untuk mengisi daya baterai pada gadget.

Untuk harga dari moge yang satu ini cukup mahal, yakni sekitar Rp. 369.000.000,-an dengan status Off The Road dan masih belum di potong dengan diskon sebesar Rp. 30 jutaan tadi.

Bagaimana tanggapan dari sahabat Otozola tentang moge yang satu ini? Apakah sahabat tertarik untuk membeli atau menjajal moge Ducati yang satu ini ?

Yuk berikan tanggapannya di kolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here